Sabtu, 22 Juni 2024

INFORMASI :

HIDUP ADALAH SEJARAH MARI KITA UKIR SEJARAH KITA SEBAGAI WARISAN YANG AKAN SELALU JADI RUJUKAN ANAK CUCU KITA UNTUK MERAIH KEBAHAGIAAN YANG SEMPURNA

ADAT ISTIADAT DAN BUDAYA

ADAT ISTIADAT DAN BUDAYA

Puji  Syukur Kehadapan Tuhan Yang Maha  Esa yang memberikan Kesehatan  kepada kita semua .

Sebelumnya  Penulis mohon  agar tulisan nanti dapat berkembang dan  bermanfaat untuk yang membutuhkan, disini saya akan menuliskan  salah satu Tradisi dan Seni buday Desa .

Sebenarnya Tradisi dan Seni Budaya desa Khususnya Klirong itu banyak macamnya.dan masih banyak Tradisi yang dijalankan warga dengan rutin semoga terjaga sampai Anak Cucu nanti.

Penulis mengambil satu tradisi dan mungkin bisa mewakili diantara salah satu wujud nguri-uri tradisi dan seni budaya.

Tiap Tahun Desa Klirong Masih Rutin mengadakan Tradisi Suran /Sedekah Bumi/ Memetri Bumi. Dikatakan rutin karena setiap  bulan suro/ sura dalam kalender jawa,atau Muharram /Muharrom dalam Kalender Hijriyah Desa mengadakan Suran /Sedekah Bumi/ Memetri Bumi. Dalam kegiatan  Suran /Sedekah Bumi/ Memetri Bumi yang Rutin yaitu Do’a bersama segenap warga dihari dan waktu yang sudah dimusyawarahka. Dan dari ingatan Penulis dalan berapa tahun sekali diadakan nguri-uri Kesenian yaitu mengadakan hiburan Wayang Kulit/ Ringgit Purwo. Untuk Periode pemerintahan Kepala Desa saat Penulis menulis, Hiburan / nguri-uri seni Budaya Wayang Kulit diadakan  3 ( Tiga )  Tahun Sekali  .Kecuali Do’a bersama dan Hiburan Wayang Kulit dalam kegiatan itu ada Santunan Bagi anak-anak Yatim.Untuk Suran sedekah bumi dengan hiburan wayang kulit yang akan datang yaitu Tahun 2025. 

Semua Kegiatan  diantar Kegiatan –kegiatan itu dengan maksud atau memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa Selalu Memberikan Kekuatan kepada kita untuk terus bisa menjaga kelestarian adat istiadat ,seni budaya ,kelestarian Bumi Desa Klirong Khususnya ,agar tercapai kebahagiaan , Kenyamanan, Ketentraman dalam bermasyarakat untuk segenap Warga.tanpa membeda-bedakan agama ataupun Golongan.

Demikian sekilas adat istiadat ,seni budaya yang bisa penulis sampaikan ,harapan saran dan kritikan dari Pembaca demi yang lebih baik  ( sempurna  ) Saya harapkan.

Kiranya Mohon Maaf dari Saya Bila Semua ini Kurang Berkenan.  

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter